Belajar Manajemen Operasi di Sumi Rubber dan Hino Motors

Pada Selasa (28/11) lalu sebanyak 27 mahasiswa dari kelas Manajemen Operasi bertandang ke perusahaan PT Sumi Rubber Indonesia dan PT Hino Motors Manufacturing Indonesia. Kunjungan perusahaan ini adalah salah satu cara yang dilakukan Program Studi Sarjana Manajemen UNPAR agar para mahasiswanya tidak hanya melulu belajar tentang teori di kelas, namun juga melihat praktek di lapangan.

Berangkat sekitar pukul 07.00 WIB dengan bus UNPAR, rombongan mahasiswa mengawali kunjungan perusahaan ke PT Sumi Rubber Indonesia yang berada di Kawasan Industri Indotaisei, Kabupaten Karawang. Ini merupakan kunjungan kedua dari Prodi Sarjana Manajemen UNPAR ke perusahaan yang berdiri sejak tahun 1997 tersebut.

Sesampainya di lokasi, mereka disambut oleh beberapa pejabat PT Sumi Rubber Indonesia. Selanjutnya dilaksanakan sesi penjelasan dari manajemen perusahaan tentang company profile, marketing matter, dan safety induction. Sesi berikutnya adalah yang ditunggu-tunggu, yaitu factory tour. Selama kurang lebih satu jam lamanya, para mahasiswa diajak untuk berkeliling di dalam pabrik yang memproduksi ban merek Dunlop dan bola golf Srixon ini.

Bau karet dan bahan kimiawi lainnya terasa menyengat selama tur pabrik dilakukan. Meski begitu, rasa antusias tetap terlihat dari wajah para mahasiswa. Sesekali mereka menyentuh langsung karet alam, polyester, dan bahan pembuat ban lainnya. Namun sayangnya tidak ada kesempatan untuk melihat proses produksi bola golf dalam tur kali ini.

Selepas dari  PT Sumi Rubber Indonesia, rombongan mahasiswa Manajemen UNPAR melanjutkan ke tujuan berikutnya yaitu PT Hino Motors Manufacturing Indonesia. Lokasinya tidak terlalu jauh. Hanya berkisar 15 menit perjalanan dari lokasi pertama. Sekitar pukul 13.30 WIB rombongan sampai di perusahaan yang telah ada sejak 1982 tersebut.

Sebelum melakukan tur pabrik, mahasiswa diajak ke kantor utama untuk mendapatkan penjelasan dari manajemen perusahaan PT Hino Motors Manufacturing Indonesia. Selain profil perusahaan, pihak Hino Motors juga berbagi soal produk, manajemen resiko, manajemen kualitas, operation management, hingga sampai ke trafik penjualan Hino Motors dari tahun ke tahun. Beberapa pertanyaan muncul dari mahasiswa untuk mencari tahu jawaban atas rasa penasaran mereka akan perusahaan ini.

PT Hino Motors Manufacturing Indonesia adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang usaha perakitan komponen, perakitan kendaraan dan ekspor suku cadang. Berdiri di atas lahan seluas hampir 30 hektar, perusahaan ini membuat kendaraan truk sebagai salah satu produk utamanya. Warna hijau pada truk yang menjadi khas Hino Motors telah menjadi trade mark dan dikenal masyarakat luas.

Beruntung bagi mahasiswa Manajemen karena punya kesempatan untuk melihat langsung bagaimana truk-truk milik Hino Motors diproduksi. Melihat komponen-komponen kendaraan tersebut dirangkai dan saling melengkapi, pengujian kendaraan, hingga dinyatakan laik jalan.

Kunjungan perusahaan ke PT Sumi Rubber Indonesia dan PT Hino Motors Manufacturing Indonesia berakhir sekitar pukul 16.00 WIB. Dengan program ini, mahasiswa setidaknya mendapat pengetahuan baru tentang manajemen operasi, penjaminan mutu, dan project management.