Tuesday , 26 September 2017
Home » Kurikulum

Kurikulum

Kurikulum Program Studi Sarjana Manajemen adalah Kurikulum 2013 yang dijalankan mulai tahun akademik 2013/2014, dan merupakan kurikulum berbasis kompetensi.

SISTEM PEMBELAJARAN KURIKULUM 2013

Sistem pembelajaran yang dipakai adalah Sistem Kredit Semester dengan beban kredit minimum 144 sks yang dapat diselesaikan dalam waktu 8 (delapan) semester.

KERANGKA KURIKULUM 2013

Kurikulum 2013 memiliki

  • Tingkat kesulitan 1 s/d 4; berturut-turut adalah tingkat dasar, tingkat dasar manajemen, tingkat manajemen fungsional, dan tingkat komprehensif.
  • Dapat diselesaikan dalam waktu 8 (delapan) semester;
  • Terdiri dari 118 sks matakuliah wajib dan 15 sks matakuliah pilihan bidang kajian, dan 9 – 11 sks pilihan bebas.

STRUKTUR KURIKULUM 2013

  • Cakupan 4 ranah pembelajaran: kognisi, afeksi, psikomotorik, dan kooperasi;
  • Elemen 5kompetensi: landasan kepribadian, penguasaan ilmu dan keterampilan, kemampuan berkarya, sikap dan perlaku berkarya, pemahaman kaidah berkehidupan bermasyarakat;
  • Cakupan pembelajaran: pembelajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

Karakteristik Kurikulum

  1. Keahlian Fungsional (Functional Expertise). Kurikulum membangun keahlian dalam mengelola fungsi bisnis, yakni manajemen keuangan, manajemen pemasaran, manajemen operasi, dan manajemen insani.
  2. Integrasi Multidisiplin (Multidisciplinary Integration). Kurikulum membangun kemampuan untuk berfikir komprehensif dan pemecahan masalah yang terintegrasi, tidak semata-mata fungsional.
  3. Pembelajaran Berbasis Pengalaman (Experiential Learning). Pembelajaran menekankan padaexperiential exercises yang diperoleh dari real-world problem solving dan student-centered learning.
  4. Pengembangan Soft-Skill (Soft-Skill Development). Membangun kapabilitas (karakter dan kompetensi) mahasiswa dengan menekankan pembentukan sikap profesional, berintegritas, dan memiliki kompetensi praktis dan halus, seperti komunikasi, kepemimpinan, negosiasi, kewirausahaan, team building, and interpersonal skills.
  5. Perspektif Global (A Global Perspective). Pembelajaran yang menekankan pada perspektif global tanpa meninggalkan pemahaman lokal, membangun pemahaman akan perbedaan dan kemampuan mengelola nya.
  6. Teknologi Informasi & Komunikasi (Information& Communication Technology). Pembelajaran yang membekali mahasiswa dengan kemampuan teknologi komunikasi dan informasi.
  7. Etika dan Tanggung Jawab Sosial (Ethics and Social Responsibility). Pembelajaran yang membangun kesadaran dan perilaku etis dan bertanggung jawab.

Karakteristik ini menjadi dasar pengembangan matakuliah, baik dari aspek isi matakuliah, metode pembelajaran maupuan evaluasi pembelajaran. Juga menjadi dasar pengembangan program ko-kurikuler.

Tujuan

Menghasilkan lulusan Program Studi Sarjana Manajemen yang memiliki kompetensi sebagai berikut:

  1. Kompetensi Bisnis, yakni kemampuan teknis dalam fungsi bisnis, yang mencakup keuangan dan akuntansi, pemasaran, operasi, dan manajemen insani.
  2. Kompetensi Kewirausahaan, yakni kemampuan mengembangkan dan menerapkan ide-ide kreatif dalam profesi nya.
  3. Kompetensi Manajemen, yakni kemampuan melakukan perencanaan dan pengendalian, melakukan komunikasi dan negosiasi, serta mampu berfikir dan bertindak strategik.
  4. Kompetensi Kepemimpinan, yakni kemampuan memimpin diri sendiri dan orang lain.
  5. Kompetensi Teknologi Informasi dan Komunikasi, yakni kemampuan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi dalam menghadapi masalah manajerial.
  6. Kompetensi Multikultural, yakni kemampuan untuk memahami dan mengelola perbedaan.
  7. Kompetensi Berfikir, yakni kemampuan dalam berfikir analitis dan kreatif.
  8. Kompetensi Etika dan Sosial, yakni memiliki integritas, bersikap etis dan bertanggung jawab terhadap lingkungan (fisik dan sosial).
  9. Kompetensi Belajar Berkelanjutan, yakni memiliki kemampuan dan sikap untuk selalu mau mengembangkan diri.