Deskripsi Mata Kuliah

  • MK Wajib Universitas
  • MK Wajib Umum
  • MK Pilihan

Pendidikan Pancasila
Matakuliah ini membahas berbagai fenomena kehidupan bernegara di Indonesia dengan menggunakan pendekatan hermeneutic dan pedagogis. Melalui hermenutik, mahasiswa didorong untuk menampilkan sikap kritis terhadap ideology Pancasila; melalui pedagogi, mahasiswa dilatih untuk memiliki nilai – nilai Pancasila. Nilai – nilai pengembangan diri yang terkait dengan hubungan intra- dan inter-personal dapat dicapai melalui pendidikan Pancasila, yang memiliki tujuan untuk pengembangan martabat dan integritas.

Pendidikan Kewarganegaraan
Matakuliah ini menggarisbawahi pentingnya pemahaman akan identitas nasional Indonesia, hak serta kewajiban warga Negara dan kaitannya dengan hak asasi manusia, wawasan nusantara, ketahanan nasional, strategi nasional lainnya. Juga dibahas tentang bagaimana implementasi pemahaman itu dalam kehidupan bermasyarakat.

Pendidikan Agama (Katolik)
Bertujuan untuk membentuk karakter religius melalui pemahaman yang lebih mendalam tentang agama dan kehidupan beragama. Matakuliah ini berpusat pada mendeteksi wahyu Tuhan dalam hidup maupun kepercayaan seseorang, serta pemahaman akan hubungan manusia dengan Tuhan dan sesama. Mahasiswa juga diperkenalkan pada arti keselamatan melalui kerajaan Allah, dan bagaimana mewartakan karya Tuhan dalam pelayanan kepada sesama.

Pendidikan Agama (Fenomenologi Agama)
Matakuliah ini merupakan bagian yang tak terpisahkan dari analisa filosofis, kritis rasional dan obyektif tentang pendidikan dan intisari agama. Fenomenologi agama adalah bidang empiris yang menganalisa dinamika kehidupan manusia secara kritis dan rasional, mulai dari upaya untuk menjadikan Tuhan sebagai obyek pemujaan sampai menempatkan Tuhan sebagai dasar pembenaran untuk bertindak melawan perintah Tuhan. Dari sudut pandang itu, matakuliah ini menekankan kritik konstruktif akan perilaku manusia beragama. Kemauan untuk self-criticize dalam hal agama meiliki kaitan kuat dengan usaha utuk menemukan kembali nilai-nilai utama agama ataupun otentisitas kehidupan beragama. 

Etika
Melalui matakuliah ini mahasiswa didorong untuk memahami nilai dan prinsip-prinsip moral, mengartikan tujuan hidup, untuk memiliki kemampuan kritis dalam menghadapi situasi konkret, dan untuk bertindak atas dasar pertimbangan dan nalar rasional. Materi: persoalan – persoalan etika kontemporer; pemahaman dan ruang lingkup etika; kebebasan dan tanggungjawab; nalar; dan langkah – langkah kesadaran moral; etika normative, prinsip – prinsip moral; etika profesi, etika dan bisnis dalam dunia modern, dan persoalan – persoalan etis dalam bisnis.

Estetika
Matakuliah ini menawarkan pemahaman konseptual tentang filsafat “seni” dari sudut pandang empiris, dan juga membentuk kesadaran ekologis dalam proses peradaban dan pembudayaan. Matakuliah ini merupakan dasar bagi mahasiswa untuk memahami dan mempraktekkan seni dalam konteks filosofis, sejarah, budaya dan global.

Logika
Matakuliah ini bertujuan untuk memberikan ketrampilan berpikir yang rasional dan sistematis. Termasuk disini, kemampuan berpikir deduktif dan induktis, seperti silogisme, argument analogis, dan generalisasi induktif. Diskusi dalam hal teori disertai dengan pelatihan yang berfokus pada proses berpikir. Untuk mempertajam kemampuan berpikir, mahasiswa dilatih untuk mengidentifikasi kesalahan–kesalahan (fallacies) dalam kehidupan sehari – hari maupun dalam kontesk ilmiah.

Pengantar Ekonomi Makro
Pengantar Ekonomi Makro membahas tentang kegiatan ekonomi secara agregat dan berbagai kebijakan ekonomi untuk mencapai tujuan ekonomi makro. Mahasiswa diperkenalkan pada konsep–konsep permintaan agregat, penawaran agregat, produk nasional, pertumbuhan ekonomi, inflasi, pengangguran, kebijakan fiscal, dan kebijakan moneter.

Pengantar Bisnis
Mata kuliah ini memaparkan  bagaimana seorang pengusaha menjalankan aktivitas-aktivitas bisnisnya  di lingkungan persaingan bisnis yang senantiasa berubah. Menyampaikan bahasan sebagai berikut: aspek pemasaran, aspek operasional, aspek organisasi dan manajemen insani, dan aspek keuangan, etika dan lingkungan bisnis, serta  perkembangan teknologi dalam bisnis.

 Matematika Bisnis
Mata kuliah ini membahas mengenai konsep dasar matematika (fungsi, persamaam dan matriks) dan kalkulus  (turunan dan aplikasi nya) untuk digunakan dalam pemecahan masalah dunia bisnis modern.

Statistika Bisnis (+praktika)
Matakuliah Statistika Bisnis membahas tentang statistika parametric (deskriptif dan inferens) dan non-parametrik sebagai alat pengolah data untuk keperluan penelitian atau pengambilan keputusan di bidang manajemen dan bisnis. Materi pokok statistika parametrik mencakup: (1)Distribusi frekuensi; (2)Penyebaran data; (3)Distribusi probabilita (normal dan diskrit); (4)Metode sampling dan distribusi sampling; (5)Uji hipotesis; (6)Analisis varians; (7)Regresi linier dan berganda; dan (8)Analisis korelasi. Sedangkan materi statistika non-parametrik adalah berbagai macam metoda uji dan tes hipotesis, baik untuk satu sampel, maupun untuk ”K” sampel, di mana sampelnya bisa yang berhubungan maupun yang independen. Mata kuliah ini mencakup kegiatan praktikum di laboratorium komputasi untuk membangun kemampuan praktis mahasiswa menggunakan statistika, sebagai salah satu alat analisis kuantitatif, untu memahami realita manajemen dan bisnis.

Kepemimpinan Dasar
Mata kuliah ini mengasah keterampilan kepemimpinan mahasiswa terutama dalam hal self-leadership dan team leadership. Mahasiswa akan didorong untuk mengenali dirinya sendiri terlebih dahulu, kemudian mulai memperluas lingkaran pengaruhnya pada orang lain melalui suatu proyek kelompok di kelas. Di akhir semester mahasiswa diharapkan dapat lebih terlibat secara aktif dalam proses pengembangan dirinya di kemudian hari.

Pengantar Ekonomi Mikro
Pengantar Ekonomi Mikro membahas pelaku ekonomi individual, kegiatan ekonomi yang dilakukannya, dan dampak dari keputusan yang dibuat. Mahasiswa diperkenalkan pada konsep–konsep Konsumsi optimum, permintaan, elastisitas permintaan, produksi optimum, penawaran, pasar, persainagn, efisiensi ekonomi, keseimbangan pasar, dan peran pemerintah. Mahasiswa sebagai perorangan maupun anggota kelompok diharapkan aktiff berpartisipasi dengan membaca bahan kuliah wajib dan mampu menyusun argumentasi dan merumuskan inti pembicaraan dalam berdiskusi di kelas.

Manajemen
Mata kuliah ini dirancang agar para mahasiswa memahami bahwa manajemen adalah proses bekerja dengan orang-orang serta memanfaatkan sumber daya dengan efisien  untuk mencapai tujuan organisasi. Proses  tersebut dilaksanakan dengan menerapkan fungsi management (POLC). Matakuliah ini membahas rangkaian kegiatan yang sistematis dan logis berupa fungsi-fungsi manajerial yang harus dipenuhi oleh setiap manajer di tengah-tengah lingkungan yang dinamis. Kegiatan-kegiatan tersebut perlu dilakukan agar setiap organisasi dapat mewujudkan visi dan misinya.

Akuntansi Keuangan Dasar (+ Responsi Wajib)
Mata kuliah ini membahas mengenai siklus akuntansi untuk perusahaan jasa dan perusahaan dagang, pengenalan perkiraan kas dan bank, piutang, dan persediaan, aktiva tetap, hutang lancar, akuntansi untuk perusahaan perseroan terbatas, akuntansi hutang jangka panjang (obligasi), investasi dalam bentuk saham maupun obligasi, dan pengenalan mengenai akuntansi manajemen khususnya untuk perusahaan manufaktur.

Analisa Kuantitatif Bisnis (+ Praktikum)
Memberikan pengetahuan tentang model-model pemrograman matematis beserta asumsi-asumsi, model-model optimasi dan perumusannya, serta melatih kemampuan dan keterampilan dalam merumuskan persoalan ke dalam model-model tersebut dan mencari solusinya. Mata kuliah ini dilengkapi dengan kegiatan praktika yang menggunakan software untuk menyelesaikan soal-soal. Kegiatan praktika dilakukan dengan jadwal terpisah dan dilakukan di laboratorium komputasi.

Hukum Bisnis
Mata kuliah ini memberikan pemahaman kepada mahasiswa mengenai peranan hukum di dalam kegiatan bisnis, termasuk termasuk e-commerce serta memahami dan mengerti peranan beberapa lembaga hukum perdata di dalam kegiatan bisnis. Memperkenalkan proses pembuatan kontrak bisnis dan  berbagai permasalahannya.

Praktikum Aplikasi Komputer
Mata kuliah ini membahas tentang dasar-dasar komputer, dan aplikasi-aplikasi yang umum digunakan yaitu pengolah kata (wordprocessor), kertas kerja (spreadsheet), dan perangkat lunak presentasi (presentation program).

Perilaku Keorganisasian
Matakuliah ini ditujukan untuk mempelajari perilaku di dalam organisasi – baik perilaku individu maupun perilaku kelompok. Dengan begitu, para peserta didik akan mempelajari berbagai teori dan praktek yang berkaitan dengan aspek individu, maupun aspek kelompok secara intensif. Pemahaman teori dan praktek diharapkan memberikan wawasan akan pentingnya menciptakan efektifitas organisasi melalui pengelolaan perilaku yang tepat.

Pengantar Manajemen Operasi
Matakuliah ini membahas peran umum Manajemen Operasi dalam suatu perusahaan untuk meningkatkan daya saing melalui peningkatan kualitas, produktivitas, serta efisiensi. Selain itu membahas juga bagaimana menentukan strategi operasi, cara beroperasi dalam lingkungan global, cara mendisain barang dan jasa, cara membuat perencanaan fasilitas dan proses konversi input menjadi output, penghitungan waktu standar, pemilihan mesin, lokasi, tata letak, penanganan material, perencanaan dan pengendalian produksi, jaringan kerja, pengelolaan persediaan, pengelolaan kualitas, dan pemeliharaan fasilitas produksi. Pengantar Manajemen Operasi menekankan pada pengertian dasar sebagai landasan untuk dapat melanjutkan ke Manajemen Operasi.

Pengantar Manajemen Pemasaran
Matakuliah ini membahas konsep dasar Manajemen Pemasaran seperti pengertian-pengertian dasar pemasaran, proses pemasaran, sasaran kegiatan Manajemen Pemasaran, perencanaan pemasaran, sistem informasi pemasaran, strategi pemasaran-bauran pemasaran .  Selain itu  membahas juga tentang perilaku pasar baik pasar konsumen maupun pasar bisnis. Pengantar Manajemen Pemasaran menekankan pada pengertian dasar sebagai landasan yang kokoh untuk dapat melanjutkan ke Manajemen Pemasaran.

Manajemen Keuangan I
Matakuliah ini bertujuan memberikan pengertian keuangan, fungsi manajemen keuangan, lembaga keuangan, laporan keuangan, penyusutan dan aliran kas, analisa laporan keuangan, perencanaan keuangan, modal kerja, pembiayaan jangka pendek, kas dan surat berharga, manajemen piutang dagang, manajemen persediaan, Mahasiswa diharapkan menjadi mudah untuk mempelajari manajemen keuangan melalui kasus nyata pada umumnya , khususnya kasus di Indonesia.

Keterampilan Manajemen
Mata kuliah ini membahas keterampilan manajemen  yang diperlukan agar menjadi manajer yang efektif, dengan penekanan pada keterampilan pribadi, perencanaan dan pengendalian, pengambilan keputusan dan pemecahan masalah, pengorganisasian dan pendelegasian. Dalam mata kuliah ini penekanan belajar pada keterampilan nya.

Akuntansi Biaya (+ Responsi Wajib)
Matakuliah ini membahas bagaimana peran akuntansi dalam penyediaan informasi yang dibutuhkan manajemen, pengertian biaya, alokasi, sistem dan metode, serta prosedur akumulasi biaya yang digunakan dalam penyusunan laporan keuangan, perencanaan, dan pengendalian biaya yang perlu dilakukan untuk menilai efisiensi.

Praktikum Penyusunan Laporan Keuangan (Manual)
Mata kuliah ini melatih mahasiswa memiliki keterampilan dalam menyusun laporan keuangan sesuai SAK secara manual dari berbagai transaksi yang terjadi dalam suatu periode akuntansi tertentu pada sebuah perusahaan.

Praktikum Manajemen Basis Data
Mata kuliah ini membahas tentang apa hakekat dari database, mengapa database sangat penting bagi perusahaan. Mahasiswa mempelajari cara membuat dan menggunakan database sederhana. Penekanan mata kuliah ini adalah pada teknik-teknik pencarian data dalam database (query) dengan menggunakan dua metode: QBE dan SQL. Terutama tentang SQL dibahas hingga tingkat kemahiran yang cukup tinggi. Akhirnya juga dibahas cara menyiapkan sistem pengelolaan database dengan cara sederhana.

 Manajemen Insani (+ Praktikum)
Mata kuliah ini membahas kegiatan-kegiatan yang harus dilakukan oleh Departemen Sumber Daya Manusia ; staffing, training dan development, performance management, compensation, labor relations .   Kegiatan tsb dibahas dihubungkan pada tujuannya yaitu  agar organisasi dapat memiliki sumber daya manusia yang kapabel dan berkomitmen untuk    tercapainya keberhasilan strategi organisasi dan keunggulan bersaing. Matakuliah ini mencakup kegiatan praktika dan praktek untuk membangun kemampuan teknis yang relevan dalam bidang manajemen insani.

 Manajemen Operasi (+ Praktikum)
Matakuliah ini memberikan pengetahuan tentang pentingnya perencanaan dan pengendalian dalam penggunaan faktor-faktor produksi untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi biaya produksi. Materi yang dibahas antara lain yaitu manajamen jaringan pemasok, e-commerce dan manajemen operasi, manajemen persediaan, perencanaan agregat, perencanaan kebutuhan bahan baku, penjadualan produksi jangka pendek, system produksi tepat waktu, manajemen pemeliharaan mesin dan keandalan, dan learning curve. Matakuliah ini mencakup kegiatan praktika di laboratorium komputasi untuk membangun keterampilan praktis dalam manajemen operasi.

Manajemen Pemasaran (+ Praktikum)
Mata kuliah ini membahas  konsep strategi Manajemen Pemasaran dimulai dari perencanaan strategis dan formulasi strategi pemasaran, pelaksanaan strategi manajemen pemasaran, Strategi pemasaran  dan kebijakan-kebijakan pemasaran , dan juga membahas tentang perilaku pasar baik pasar konsumen maupun pasar bisnis dan analisis pesaing, serta strategi Bauran Mata kuliah ini lebih menekankan pada mempelajari  formulasi strategi pemasaran, pelaksanaan dan pengembangan strategi pemasaran serta pengendalian strategi pemasaran. Matakuliah ini mencakup kegiatan praktika untuk membangun keterampilan praktis dalam bidang manajemen pemasaran.

Manajemen Keuangan II
Matakuliah ini bertujuan memberikan pemahaman tentang; nilai waktu dalam keuangan, risiko dan pengembalian, penilaian, prinsip-prinsip penganggaran modal,dan aliran kas, teknik-teknik penganggaran modal,biaya modal, pengaruh dan struktur modal, hutang jangka panjang, saham biasa dan saham preferen, kebijakan deviden, sewa guna usaha dan pasar modal Indonesia. Mahasiswa diharapkan menjadi mudah mempelajari manajemen keuangan melalui contoh-contoh pengambilan keputusan dalam bidang keuangan dan kasus nyata pada umumnya, khususnya kasus di Indonesia.

Akuntansi Manajemen (+ Responsi Wajib)
Matakuliah ini membahas mengenai pola perilaku biaya, konsep pengalokasian biaya yang menerapkan prinsip different cost for different purposes, konsep pengambilan keputusan berdasarkan informasi biaya yang relevan, konsep penetapan harga jual dan manajemen biaya, analisis profitabilitas pelanggan dan penjual, analisis profitabilitas strategis dikaitkan dengan penggunaan Balanced Scorecard, pengendalian kualitas dan waktu, manajemen persediaan, Just in Time (JIT), Backflush costing,  dan transfer pricing.

Praktikum Pengolahan Informasi
Pada akhir perkuliahan mahasiswa telah memiliki kemampuan untuk mengolah data menjadi informasi yang dibutuhkan untuk pengambilan keputusan serta memiliki kemampuan untuk menganalisa permasalahan bisnis dengan bantuan berbagai fungsi yang ada sehingga memudahkan pengambilan keputusan secara cepat dan tepat. Software yang digunakan adalah kertas kerja (spreadsheet).

Komunikasi Bisnis
Matakuliah ini berisi dasar pengetahuan komunikasi verbal dan nonverbal. Termasuk di dalamnya adalah pengetahuan bagaimana cara menyampaikan pesan tertulis kepada “audience” yang beragam, cara menyampaikan kabar baik, buruk, serta informasi persuasive secara tertulis. Selain itu peserta matakuliah ini belajar mengaplikasikan semua keterampilan diatas melalui internet dan alat teknologi lain, melalui grafik dan alat visual lain serta memberikan cara-cara presentasi.

Sistem Informasi Berbasis Komputer
Termasuk tema yang dibahas adalah peran data dan informasi dalam perusahaan, dukungan teknologi informasi bagi perusahaan secara keseluruhan, dukungan TI bagi kegiatan operasional perusahaan, dukungan TI bagi kegiatan pengambilan keputusan, sistem-sistem informasi berbasis komputer untuk e-business dan e-commerce. Juga dibahas sekilas tentang cara mengembangkan, merawat (maintenance), dan menjaga keamanan dari sistem informasi berbasis komputer perusahaan.

Kewirausahaan
Mata kuliah ini membahas  sikap dan wawasan yang diperlukan untuk menjadi seorang wirausahawan. Di dalamnya berisi pengetahuan dan ketrampilan,juga pengalaman untuk belajar menjadi seorang wirausahawan. Proses belajar mahasiswa  selain dalam kelas juga di luar kelas dengan melakukan pameran bisnis.

Perpajakan I (+ Responsi Wajib)
Mata kuliah ini membahas mengenai pengetahuan tentang pajak yang berlaku di Indonesia, baik Pajak Negara maupun Pajak Daerah, dasar-dasar perpajakan, berbagai kewajiban, sanksi dan hak yang melekat pada Wajib Pajak, serta mampu menghitung besarnya pajak yang terutang dan melaporkannya, khususnya Pajak Pertambahan Nilai dan Pajak Penjualan atas Barang Mewah.

Perekonomian dan Bisnis Indonesia
Membahas perekonomian Indonesia dewasa ini serta tantangan yang dihadapi. Materi pokok: (1)Esensi pembangunan ekonomi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia; (2)Sistem ekonomi Indonesia dari segi histories, teoritis dan kontemporer, (3)Konsep pertumbuhan dan pembangunan ekonomi; (4)Distribusi dan ketimpangan pendapatan; (5)Indikator makro ekonomi Indonesia; (6)Peran pemerintah Indonesia dalam kebijakan ekonomi, sumberdaya manusia, fiscal dan moneter, perdagangan luar negri, industri dan pertanian.

Simulasi Bisnis
Matakuliah ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan berfikir komprehensif dalam bidang ilmu manajemen, meningkatkan kemampuan problem solving dan decision making. Pendekatan perkuliahan matakuliah ini adalah melalui simulasi dengan on-line business cases, dengan perangkat lunak Capsim Foundation.

Metode Penelitian Manajemen (+ Praktikum)
Mata kuliah ini bertujuan memberi pemahaman dan mengajarkan kemampuan penelitian, dimulai dari memahami arti, jenis, dan kegunaan penelitian dibidang manajemen, sampai dengan analisis dan penyajian hasil penelitian.  Mata kuliah ini memberi pemahaman tentang aktivitas meneliti secara ilmiah dengan meggunakan metode penelitian yang umum digunakan untuk jenjang strata 1.  Matakuliah ini mencakup kegiatan praktika untuk mencapai keterampilan yang cukup untuk menyusun usulan penelitian, mengumpulkan dan mengelola data serta melaporkan dan mem-presentasikan hasil penelitian.

 Perpajakan II (+ Responsi Wajib)
Mata kuliah ini membahas dasar-dasar Pajak Penghasilan (PPh) yang berlaku di Indonesia, menghitung PPh terutang baik untuk orang pribadi maupun badan serta memotong/memungut pajak dari pihak ketiga dan melaporkan PPh terutang dalam Surat Pemberitahuan PPh.

Studi Kelayakan Bisnis
Mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa memahami konsep dasar, prinsip dan prosedur dasar melakukan investasi untuk usaha/bisnis baru. Mahasiswa diharapkan dapat memahami mengenai berbagai aspek yang harus dipertimbangkan dalam pembuatan Studi Kelayakan Bisnis, seperti aspek Pasar dan Pemasaran, Aspek Manajemen dan organisasi, Aspek Operasional, Aspek keuangan dan Aspek Dampak Usaha terhadap Lingkungan.

Manajemen Strategik
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah yang mengintegrasikan berbagai mata kuliah seperti Manajemen Pemasaran, MSDM, Manajemen Operasional, Manajemen Keuangan. Menbahas tentang pentingnya perusahaan menentukan tujuan jangka panjang dan jangka pendek, keunggulan bersaing dan strategi mencapai tujuan perusahaan secara berkelanjutan. Materi meliputi analisis TOWS, tingkatan strategi, memformulasikan, mengimplementasikan dan mengendalikan manajemen agar strategi perusahaan dapat dijalankan secara tepat dan akurat dengan menggunakan berbagai  pendekatan dan teknik.

Manajemen Risiko
Mata kuliah ini  memberikan kemampuan dasar tentang bagaimana mengidentifikasi “suatu/kejadian” dalam konteks ketidakpastian yang  dapat menjadi risiko bagi perusahaan, dan pada saat yang sama memberikan pengetahuan/pemahaman tentang proses-metode untuk menangani risiko-risiko tersebut.  Mahasiswa diharapkan mampu memadukan pemahaman manajemen fungsional seperti pemasaran, keuangan, sumber daya manusia dan produksi dalam suatu perspektif dan konteks yang relevan dengan tantangan bagaimana perusahaan harus menjaga kesinambungan untuk bertumbuh kembang dalam jangka waktu lama.

 

Statistika Non Parametrik
Matakuliah ini membahas mengenai berbagai macam metoda uji dan tes hipotesis, baik untuk satu sampel maupun untuk “K” sampel, dimana sampelnya bisa yang berhubungan maupun yang independen. Tujuan kuliah ini adalah supayan mahasiswa dapat menentukan, memilih dengan tepat alat uji mana yang harus digunakan untuk penelitian yang menggunakan variabel dengan skala nominal atau ordinal dengan bantuan program komputer.

Manajemen Hubungan Industrial
Matakuliah ini mengkaji tentang hubungan kerja yang terjadi antara pekerja dan pengusaha, serta masalah-masalah yang muncul dalam rangka persiapan hubungan kerja, dalam masa hubungan kerja dan masa setelah hubungan kerja berakhir. Dalam matakuliah ini dijabarkan juga tentang perlindungan hukum bagi para pekerja. Selain itu juga peserta diberikan pelatihan untuk menjadi terampil dalam menyelesaikan masalah-masalah yang muncul dalam hubungan kerja dengan menggunakan hukum positif.

Perencanaan dan Pengadaan Tenaga Kerja
Matakuliah ini mencakup perencanaan tenaga kerja, proses rektrutmen dan seleksi, serta penempatannya. Melalui matakuliah ini mahasiswa mempelajari bagaimana langkah-langkah perencanaan tenaga kerja, memilih sumber-sumber pelamar, menggunakan beberapa metode seleksi, serta mengevaluasi keberhasilan proses rekrutmen/seleksi.

 Pelatihan dan Pengembangan
Dalam matakuliah ini dibahas kegiatan-kegiatan Departemen SDM yang bertanggung jawab untuk menentukan isi dan metode pentransferan pengalaman, pengembangan, dan pelatihan. Hal ini dilakukan untuk mencapai kesuksesan organisasi dan mempertahankan karyawan yang memiliki kemampuan, keahlian yang akan menguntungkan buat perusahaan.

Manajemen Kinerja dan Imbalan
Matakuliah ini memberikan pemahaman kepada mahasiswa tentang pelaksanaan manajemen kinerja di perusahaan berdasarkan tujuan perusahaan dan pemberian penghargaan sesuai dengan kinerja yang dikontribusikan secara tepat dan baik

Manajemen Proyek
Matakuliah ini membahas mengenai pengaplikasian pengetahuan, keahlian, alat-alat bantu dan teknik-teknik yang dibutuhkan dalam sebuah proyek, menjelaskan bagaimana merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi sebuah proyek dan mempelajari keunggulan dan kelemahan pendekatan manajemen berdasarkan proyek.

Penjadwalan Operasi
Matakuliah ini memberikan pemahaman mengenai konsep dan praktek pengaturan dan penentuan waktu dalam sistem operasi,urutan operasi untuk suatu pekerjaan dan strategi penjadwalan.

Pemasaran Jasa
Memberikan pemahaman konseptual dan keterampilan strategis untuk mengelola jasa (Produk tidak berwujud) dan pelayanan. serta penerapan bauran pemasaran jasa secara optimal untuk merancang,menerapkan strategi operasi pada pemasaran Jasa. Tujuan matakuliah ini supaya mahasiswa memahami konsep-konsep dasar pemasaran jasa, memahami kasus-kasus yang terjadi pada praktek pemasaran jasa dan memahami penerapan strategi pemasaran jasa, pengelolaan kualitas pelayanan dan strategi operasi pemasaran jasa.

Manajemen Relasi Pelanggan
Memberikan pemahaman tentang MRP yang melingkupi semua aspek yang berhubungan dengan pelanggan dan calon pelanggan termasuk front liners,sales force, technical support dan field service.Mahasiswa juga di berikan keterampilan mengelola sistem informasi berbasis pelanggan yang terintegrasi untuk digunakan dalam perancangan, penjadwalan dan pengendalian aktivitas-aktivitas penjualan di perusahaan.

Pemasaran Global
Globalisasi merupakan suatu fenomena yang dihadapi oleh para pebisnis saat ini. Dengan konsep “borderless world”, kita memiliki pasar yang tidak terbatas, melintasi batas negara dan budaya. Persaingan bisnis menjadi sangatlah dinamis dengan dipengaruhi lingkungan global yang terdiri dari lingkungan ekonomi dunia, lingkungan sosial budaya, dan lingkungan politik, regulasi, dan regional. Pemasar haruslah mampu mendesain program pemasaran efektif yang mengakomodasi kebutuhan dan kengingan konsumen global. “Think globally, Act locally” adalah strategi pemasaran global yang diterjemahkan lebih lanjut kedalam taktik-taktik pemasaran.

Pemasaran Digital
Matakuliah ini memberikan pemahaman secara komprehensif mengenai konsep dan praktek suatu pemasaran menggunakan saluran distribusi digital.Tujuan dari matakuliah ini agar mahasiswa memahami bagaimana penggunaan media digital dapat menjangkau konsumen secara tepat dan bagimana sebuah perusahaan memanfaatkan media digital untuk mendukung pelayanan perusahaan untuk konsumen.

Pasar Modal Indonesia
Matakuliah ini memberikan pemahaman konsep dasar  pasar modal dan prospek karir di pasar modal. Materi pengetahuan yang disampaikan adalah  situasi  Pasar Modal Indonesia , meliputi: peraturan-peraturan pemeritah di bursa, mekanisme perdagangan di BEI,  instrumen saham, obligasi , reksadana, dan opsi, serta mempelajari alat analisis fundamental dan teknikal. Untuk membuat mata kuliah ini semakin menarik , juga disampaikan pembahasan sebuah kasus proses  go-public-emisi  sebuah perusahaan di BEI.

Penganggaran
Dua fungsi utama manajer adalah perencanaan dan pengendalian aktivitas untuk meningkatkan kinerja perusahaan, karena itu dalam mata kuliah ini dipelajari pendekatan sistematis dan formal mengenai tahap-tahap penting yang perlu dilakukan agar manajer dapat menjalankan fungsi perencanaan dan pengendalian.

Manajemen Merek
Matakuliah ini membahas bagaimana strategi-strategi merek yang menguntungkan dapat dikembangkan. Pada dasarnya membahas bagaimana membangun brand equity, bagaiaman mengukur brand equity, bagaimana mengkapitalisasi brand equity untuk mengembangkan bisnis. Matakuliah ini bertujuan memberikan pemahaman mengenai isu-isu penting dalam perencanaan dan evaluasi strategi merek; konsep dan teknik yang tepat untuk meningkatkan profitabilitas jangka panjang dari strategi merek.

Manajemen Rantai Pasokan
Matakuliah ini memberikan pengetahuan yang seimbang mengenai pendekatan-pendekatan di dalam Manajemen Rantai Pasokan (Supply Chain Management). Materi perkuliahan meliputi aspek-aspek strategis manajemen rantai pasokan, pembelian, operasi dan fungsi-fungsi distribusi.

Tata Kelola Perusahaan (Corporate Governance)
Mata kuliah ini memberikan pemahaman tentang prinsip-prinsip umum tata kelola perusahaan dan bagaimana prinsip-prinsip tersebut diterapkan dalam praktik, mulai dari struktur organ-organ perusahaan, dinamika proses antara organ-organ tersebut, sampai pada tantangan budaya yang harus dihadapi. Empat prinsip umum tata kelola: transparansi, akuntabilitas, tanggung-jawab, dan kewajaran akan didiskusikan secara ekstensif, sementara satu prinsip tambahan khas Indonesia yaitu independensi akan masuk dalam pembahasan pada saat diskusi merujuk pada isu dan tatangan penerapan tata kelola perusahaan di Indonesia. Mata kuliah ini juga mendiskusikan dan mengkaji etika bisnis sebagai unsur terpenting yang mendasari praktik-praktik tata kelola perusahaan yang baik.

Sistem Pengendalian dalam Organisasi
Matakuliah ini membahas bagaimana penentuan perencanaan strategis untuk pencapaian tujuan yang telah ditetapkan, proses pelaksanaan dari strategi tersebut serta berbagai cara untuk mengendalikan agar sumber daya yang ada dalam perusahaan diarahkan sesuai dengan strategi untuk pencapaian tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya dapat terlaksana (dalam keadaan tertentu strategi atau rencana tersebut dapat juga disesuaikan atau diubah sesuai dengan perubahan kondisi yang ada agar tujuan dapat tercapai). Semua ini termasuk menyelaraskan dan menyatukan tujuan maupun usaha serta sumber daya dari setiap organisasi ke arah pencapaian kinerja dari sistem penghargaan yang diberikan

Manajemen Usaha Kecil
Matakuliah ini membahas bagaimana mengelola usaha kecil bagi dari fungsi mnajemen insani, manajemen operasi, manajemen pemasaran, manajemen keuangan, maupun perumusan strategu utuk usaha kecil.

Manajemen Bisnis Keluarga
Matakuliah ini mengeksplorasi dan menganalisis masalah kelangsungan bisnis keluarga dari berbagai sudut-aspek-tantangannya.  Karena berfokus pada pendekatan pragmatis, action-oriented, manajemen, dan keterampilan kepemimpinan keluarga/bisnis maka mata kuliah ini diajarkan melalui kehidupan dan kasus-kasus tertulis, diskusi dan proyek pengalaman dengan bisnis keluarga.

Manajemen Bank
Manajemen Bank mempelajari peran bank sebagai lembaga intermediari. Kemudian mempelajari dasar-dasar pengelolaan aktiva, hutang dan modal bank untuk meningkatkan perannya sebagai intermediasi , juga mempelajari konsep mengelola berbagai macam risiko dan  aspek likuiditas bank .

Manajemen Ritel
Mata kuliah ini dirancang bagi mahasiswa agar dapat memiliki pemahaman yang komprehensif mengenai konsep dan praktek suatu manajemen ritel, khususnya di Indonesia. Pendekatan strategis yang digunakan dalam mata kuliah ini adalah berfokus pada dimensi-dimensi yang mempengaruhi retailer dalam pengambilan keputusan. Selain memperkenalkan mahasiswa pada bidang manajemen ritel, mata kuliah ini juga menyiapkan mahasiswa untuk berkarir di bidang ritel. Beberapa metologi pembelajaran dalam mata kuliah  dalam mata kuliah ini adalah pengalaman nyata dengan melakukan beberapa proyek, diskusi dengan praktisi ritel dan keterlibatan dalam program magang.

Manajemen Lintas Budaya
Matakuliah ini dimaksudkan untuk mengembangkan cara berfikir mahasiswa sehingga mampu berfikir dalam perbedaan budaya, mampu berfikir global namun bertindak lokal. Melalui matakuliah ini mahasiswa memperoleh berbagai teori, pengetahuan, dan berbagai perangkat untuk dapat berhasil dalam lingkungan global maupun lokal. Matakuliah ini membahas perbedaan budaya, tantangan-tantangan dalam komunikasi lintas budaya, manajemen perubahan, isu etika, dsb. Matakuliah ini dilengkapi dengan kegiatan praktek untuk memahami perbedaan budaya melalui gladi kebudyaan yang dikembangkan secara khusus.

Manajemen Keuangan Mikro
Manajemen Keuangan Mikro memberikan pemahaman tentang pengenalan lingkungan usaha mikro,perencanaan dan pengorganisasian serta aspek-aspek penting yang harus diperhatikan dalam pengelolaan keuangan mikro.

Praktik Manajemen Insani
Matakuliah ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan praktis dalam bidang manajemen insani melalui kegiatan praktek mengerjakan proyek yang riil untuk suatu perusahaan. Melalui matakuliah ini mahasiswa diperkenalkan dengan kegiatan konsultasi bidang manajemen insani dan membahas konsep-konsep kontemporer dalam bidang manajemen insani.

Magang Manajemen
Matakuliah ini memberi kesempatan pada mahasiswa mengalami tugas seorang manajer tingkat bawah (supervisor). Cakupan bidang pekerjaan dapat meliputi pemasaran, operasional, keuangan, organisasi dan sumber daya manusia. Ketentuan pelaksanaan akan diatur tersendiri.

Pelayanan Kepada Masyarakat
Matakuliah ini memberi kesempatan pada mahasiswa untuk memahami permasalahan dalam masyarakat dan terlibat langsung dalam penyelesaian permasalahn tersebut. Pengaturan aktivitas pelayanan kepada masyarakat akan diatur tersendiri.

X