Matakuliah Wajib Kajian

Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Katolik Parahyangan menyelenggarakan lima bidang kajian, yaitu:

  1. Manajemen Keuangan
  2. Manajemen Pemasaran
  3. Manajemen Operasi
  4. Organisasi dan Manajemen Insan
  5. Manajemen Stratejik

Tujuan dan daftar mata  kuliah dari masing-masing bidang kajian  adalah sebagai berikut:

  • M. Keuangan
  • M. Pemasaran
  • M. Operasi
  • Organisasi & Manajemen Insani
  • M. Stratejik
Bidang peminatan Manajemen Keuangan didisain untuk mempersiapkan peserta didik untuk berkarir di bidang manajemen keuangan dengan mengembangkan penguasaan pengetahuan manajemen keuangan terkini dan kemampuannya untuk mengaplikasikan kompetensi itu dalam praktek. Lulusan dengan bidang peminatan manajemen keuangan diharapkan dapat menjadi manajer keuangan (treasurer atau financialmanager), analisis keuangan (financialanalyst), atau perencana keuangan (financialplanner).

BIDANG KAJIAN

NO

KODE

NAMA MATAKULIAH

SKS

Manajemen Keuangan 1 ESM.309 Manajemen Investasi dan Portofolio 3
2 ESM.310 Manajemen Keuangan Internasional 3
3 ESM.404 Seminar Manajemen Keuangan 3
4 ESM.409 Skripsi Manajemen Keuangan 6

Manajemen Keuangan Internasional
Mata kuliah Manajemen Keuangan Internasional mempelajari beberapa aspek  pengelolaan keuangan yaitu: modal kerja, capital budgeting, biaya modal  dan struktur modal dalam perspektif perusahaan multinasional. Dan dipelajarinya konsep  neraca pembayaran,  mekanisme pasar uang,  peran hedging dikaitkan dengan kepentingan pengelolaan MNC tsb.

Manajemen Investasi dan Portofolio
Manajemen Investasi dan Portofolio merupakan konsep mengenai investasi dalam asset keuangan (financial assets investment) beserta risiko dan tingkat hasilnya (risk and return). Selain itu dibahas juga mengenai bagaimana mengelola beragam sekuritas atau surat berharga seperti saham, obligasi dan aset keuangan lainnya baik dalam bentuk sekuritas individu maupun portofolio dengan tujuan untuk mencapai target investasi yang menguntungkan bagi investor.

Seminar Manajemen Keuangan
Pada matakuliah ini mahasiswa dilatih untuk berani menyatakan pendapatnya baik secara lisan maupun secara tertulis tentang bidang manajemen keuangan. Di dalamnya mencakup kemampuan untuk membandingkan teori dan praktek guna memperkaya pemahaman manajemen keuangan dan diskusi perkembangan manajemen keuangan pada umumnya dan khususnya di Indonesia.

Skripsi Manajemen Keuangan
Skripsi Manajemen Keuangan membahas masalah Manajemen Keuangan yang diminati mahasiswa. Evaluasi dilakukan melalui kualitas perencanaan dan pelaporan penelitian ilmiah yang dipertahankan dalam Sidang Sarjana

Bidang peminatan Manajemen Pemasaran didisain untuk mempersiapkan peserta didik untuk berkarir di bidang manajemen pemasaran dengan mengembangkan penguasaan pengetahuan manajemen pemasaran terkini dan kemampuannya untuk mengaplikasikan kompetensi itu dalam praktek. Lulusan dengan bidang peminatan manajemen pemasaran diharapkan dapat menjadi manajer penjualan (sales manager), manajer relasi pelanggan (customer relationsip manager), manajer distribusi (distribution manager), manajer promosi (promotion manager), atau manajer merek (brand manager).

BIDANG KAJIAN

NO

KODE

NAMA MATAKULIAH

SKS

Manajemen Pemasaran 1 ESM.307 Perilaku Konsumen 3
2 ESM.308 Riset Pemasaran 3
3 ESM.317 Statistika Non Parametrik 2
4 ESM.403 Seminar Manajemen Pemasaran 3
5 ESM.408 Skripsi Manajemen Pemasaran 6

Perilaku Konsumen
Matakuliah ini berisi konsep-konsep mengenai perilaku konsumen yang mendasari pengambilan keputusan pembelian seorang konsumen dan faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian

Riset Pemasaran
Membahas langkah-langkah praktis bagaimana melakukan riset pemasaran yang sederhana secara ilmiah yang berguna sebagai informasi bagi para pengambil keputusan.

Seminar Manajemen Pemasaran
Seminar ini membahas topik-topik yang ada dalam bidang manajemen pemasaran melalui pembuatan makalah, presentasi dan diskusi dalam kelompok kecil. Tujuan seminar ini yaitu agar mahasiswa mampu berpikir secara kritis dan mampu mengemukakan pendpat serta pandangannya.

Skripsi Manajemen Pemasaran
Skripsi Manajemen Pemasaran membahas masalah Manajemen Pemasaran yang diminati mahasiswa. Evaluasi dilakukan melalui kualitas perencanaan dan pelaporan penelitian ilmiah yang dipertahankan dalam Sidang Sarjana.

Bidang peminatan Manajemen Operasi didisain untuk mempersiapkan peserta didik untuk berkarir di bidang manajemen operasi dengan mengembangkan penguasaan pengetahuan manajemen operasi terkini dan kemampuannya untuk mengaplikasikan kompetensi dalam praktek. Lulusan dengan bidang peminatan manajemen operasi diharapkan dapat menjadi manajer operasi (operation manager), manajer pembelian (purchasing manager), manajer penjaminan mutu (quality assurance manager), maupun manajer proyek (project manager).

BIDANG KAJIAN

NO

KODE

NAMA MATAKULIAH

SKS

Manajemen Operasi 1 ESM.305 Manajemen Kualitas 3
2 ESM.306 Manajemen Operasi Jasa 3
3 ESM.402 Seminar Manajemen Operasi 3
4 ESM.407 Skripsi Manajemen Operasi 6

Manajemen Kualitas
Suatu pengetahuan kepada mahasiswa tentang peran manajemen kualitas dalam meningkatkan daya saing suatu perusahaan, langkah-langkah pengendalian kualitas, alat-alat pengendalian kualitas, pengendalian kualitas secara statistik, biaya-biaya kualitas, serta manajemen kualitas secara total.

 Manajemen Operasi Jasa
Matakuliah ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman mengenai jasa, strategi jasa sehubungan dengan keputusan manajemen operasi, serta alat-alat yang dapat dipakai untuk pengambilan keputusan. Dengan mempelajari matakuliah ini diharapkan mahasiswa dapat memahami tentang manajemen operasi berkaitan dengan bidang jasa dan dapat menerapkannya.

 Seminar Manajemen Operasi
Seminar ini membahas topik-topik yang ada dalam bidang manajemen operasi melalui pembuatan makalah, presentasi dan diskusi dalam kelompok kecil. Tujuan seminar ini yaitu agar mahasiswa mampu berpikir secara kritis dan mampu mengemukakan pendapat serta pandangannya.

Skripsi Manajemen Operasi
Skripsi Manajemen Operasi membahas masalah Manajemen Operasi yang diminati mahasiswa. Evaluasi dilakukan melalui kualitas perencanaan dan pelaporan penelitian ilmiah yang dipertahankan dalam Sidang Sarjana

Bidang peminatan Organisasi dan Manajemen Insani didisain untuk mempersiapkan peserta didik untuk berkarir di bidang manajemen insani dengan mengembangkan penguasaan pengetahuan manajemen insani terkini dan kemampuannya untuk mengaplikasikan kompetensi itu dalam praktek. Lulusan dengan bidang peminatan manajemen insani diharapkan dapat menjadi manajer pengadaan tenaga kerja (staffing manager), manajer pengembangan pegawai (training and development manager), manajer hubungan industrial (industrial relation manager), manajer pengembangan organisasi (organization development and change manager) atau konsultan manajemen insani (people management consultant).

BIDANG KAJIAN

NO

KODE

NAMA MATAKULIAH

SKS

Organisasi dan Manajemen Insani 1 ESM.303 Manajemen Modal Insani 3
2 ESM.304 Manajemen Perubahan 3
3 ESM.317 Statistika Non Parametrik 2
4 ESM.401 Seminar Organisasi dan Manajemen Insani 3
5 ESM.406 Skripsi Organisasi dan Manajemen Insani 6

Manajemen Modal Insani
Matakuliah Manajemen Sumber Daya Manusia membahas Sumber Daya Manusia sebagai human “assets” yang memiliki “investment perspective”, Peran MSDM yang berorientasi stratejik yaitu selaras dengan strategi organisasi, HR strategy yang terdiri dari dua komponen yaitu HR planning dan design dan redesign HRM system, serta implementasi dari aktivitas MSDM yaitu staffing, training dan development, performance management, compensation, labor relations, strategic HRM.

 Manajemen Perubahan
Matakuliah ini membahas bagaimana membuat suatu perubahan terjadi, khususnya perubahan yang direncanakan (planned change). Konsep dan metoda-metoda yang diberikan mencakup pengelolaan perubahan pada tingkat individu, kelompok dan organisasi. Selain menitikberatkan pada konsep, fokus matakuliah ini adalah pada penerapan praktis sebagai bekal bagi mahasiswa menjadi seorang agen perubahan (change agent) yang efektif.

 Seminar Organisasi dan Manajemen Insani
Mata kuliah Seminar manajemen SDM, pada dasarnya merupakan suatu pendalaman terhadap suatu materi tertentu yang diminati mahasiswa dalam lingkung Manajemen Sumber Daya Manusia. Dengan demikian,sesungguhnya  mahasiswa dipersiapkan untuk membuat karya akhir, – skripsi ( khususnya dalam penyusunan kerangka teori ) yang memiliki kualitas lebih baik dan dapat dipertanggungjawabkan.

 Skripsi Organisasi dan Manajemen Insani
Skripsi Manajemen Sumber Daya Manusia membahas masalah Manajemen Organisasi dan Sumber Daya Manusia yang diminati mahasiswa. Evaluasi dilakukan melalui kualitas perencanaan dan pelaporan penelitian ilmiah yang dipertahankan dalam Sidang Sarjana.

Bidang peminatan Manajemen Stratejik didisain untuk peserta didik yang berminat untuk menguasai keahlian dalam memformulasikan strategi, memastikan proses dan implementasinya untuk penciptaan nilai yang berkesinambungan bagi organisasi dimana mereka berkarya; sekaligus mampu mengidentifikasi dan menangani risiko atas setiap keputusan stratejik yang dibuat. Lulusan dengan bidang peminatan manajemen stratejik diharapkan dapat menjadi pengelola organisasi di tingkat puncak pada organisasi kecil atau wirausaha.

BIDANG KAJIAN

NO

KODE

NAMA MATAKULIAH

SKS

Manajemen Stratejik 1 EMS.311 Manajemen Kinerja Bisnis 3
2 EMS.312 Analisis Industri dan Pesaing 3
3 ESM.405 Seminar Manajemen Stratejik 3
4 ESM.410 Skripsi Manajemen Stratejik 6

Manajemen Kinerja Bisnis
Matakuliah ini membahas berbagai pendekatan dalam mengukur kinerja bisnis, bagaimana membangun standar kinerja bisnis, dan mengevaluasi kinerja bisnis.

Analisis Industri dan Pesaing
Matakuliah ini dirancang agar mahasiswa mampu menganalisis dinamika karakteristik industri baik di pasar lokal maupun global, yang dipengaruhi dan mempengaruhi keputusan perusahaan untuk bertahan dan berkembang. Materi yang akan dibahas antara lain paradigma struktur-perilaku-kinerja, ko-opetisi, batas perusahaan, keunggulan bersaing, dan kebijakan industri. Mahasiswa akan diperkenalkan dengan berbagai kerangka pikir, konsep, dan indikator industri untuk dipakai dalam tulisan ilmiah yang merupakan kajian kritis atas industri tertentu.

Seminar Manajemen Stratejik
Mata kuliah ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan berfikir komprehensif dalam bidang ilmu manajemen, selain meningkatkan kemampuan problem solving dan decision making. Pendekatan perkuliahan matakuliah ini adalah melalui diskusi dan pembahasan kasus bisnis.

Skripsi Manajemen Stratejik
Skripsi Manajemen Perusahaan membahas masalah manajemen dari pandangan seorang pimpinan puncak. Evaluasi dilakukan melalui kualitas perencanaan dan pelaporan penelitian ilmiah yang dipertahankan dalam Sidang Sarjana.

X