Latihan Dasar Kepemimpinan HMPSM 2021

Program Kerja Latihan Dasar Kepemimpinan 2021 dilaksanakan selama enam hari mulai dari hari Senin, 22 Februari 2021 sampai dengan hari Sabtu, 27 Februari 2021. Peserta yang mengikuti kegiatan ini adalah 20 orang calon staf pengurus HMPSM Periode 2021. Pelaksanaan kegiatan yang biasanya diselenggarakan secara offline menjadi terhalang dikarenakan kondisi pandemi COVID-19 yang belum berakhir sehingga pelaksanaannya dilakukan secara virtual melalui zoom meeting. Hari pertama kegiatan ini dibuka oleh Tameng selaku ketua pelaksana LDK 2021. Kegiatan selanjutnya adalah pengerjaan proyek angkatan. Peserta LDK 2021 dibagi kedalam enam breakout room sesuai dengan divisinya masing-masing untuk selanjutnya diberikan sebuah studi kasus yang berhubungan dengan fungsi dari divisinya masing-masing. Setelah itu, setiap divisi diberikan sebuah potongan gambar yang pada akhirnya harus disatukan dengan potongan gambar dari divisi lain sehingga akan membentuk sebuah kapal. Peserta LDK diminta untuk mencari arti atau makna dari gambar tersebut secara bersama-sama. Kegiatan selanjutnya dilanjutkan dengan presentasi hasil diskusi mereka mengenai proyek angkatan tersebut lalu kemudian kegiatan di hari pertama ditutup oleh panitia.

        Kegiatan hari kedua diisi dengan penyampaian nilai sinergi oleh salah satu dosen Manajemen Unpar yaitu Ibu Elaine. Penyampaian materi berlangsung selama 30 menit kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab selama 15 menit. Setelah itu, kegiatan dilanjutkan dengan pemberian games kepada peserta LDK 2021 yang berhubungan dengan sinergi yaitu membuat yel-yel. Mereka diminta untuk membuat yel-ye selama 15 menit lalu kemudian dinyanyikan secara bersamaan. Kegiatan hari ketiga diawali dengan presentasi inovasi divisi yang sebelumnya sudah dikerjakan oleh setiap divisi. Sesi ini berlangsung dalam breakout room sesuai dengan pembagian divisi. Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan penyampaian nilai open mind oleh pemateri selama 45 menit lalu kemudian ditutup oleh panitia.

        Kegiatan di hari keempat diawali dengan penyampaian nilai inisiatif dan respect oleh pemateri selama 20 menit. Kegiatan dilanjutkan dengan uji proposal program kerja yang telah disusun oleh peserta LDK sesuai dengan program kerja yang sudah dibagi. Sesi uji proposal berlangsung selama 60 menit sudah termasuk dengan sesi tanya jawab yang berkaitan dengan penyusunan proposal tersebut. Hari kelima diawali dengan penyampaian nilai cinta manajemen oleh pemateri selama 50 menit lalu dilanjutkan dengan sesi tanya jawab selama 10 menit. Hari keenam adalah hari terakhir dari pelaksanaan LDK 2021. Kegiatan diawali dengan penyampaian nilai kekeluargaan oleh pemateri selama 50 menit kemudian dilanjutkan dengan pelantikan staf HMPSM Periode 2021 dengan menyebutkan satu per satu nama-naa mereka beserta dengan program kerja yang diketuai. Kegiatan di hari terakhir ditutup oleh Wulan selaku ketua HMPSM Periode 2021 dan Tameng selaku ketua pelaksana LDK 2021.