Manajemen Insani

Bidang peminatan Organisasi dan Manajemen Insani didisain untuk mempersiapkan peserta didik untuk berkarir di bidang manajemen insani dengan mengembangkan penguasaan pengetahuan manajemen insani terkini dan kemampuannya untuk mengaplikasikan kompetensi itu dalam praktek. Lulusan dengan bidang peminatan manajemen insani diharapkan dapat menjadi manajer pengadaan tenaga kerja (staffing manager), manajer pengembangan pegawai (training and development manager), manajer hubungan industrial (industrial relation manager), manajer pengembangan organisasi (organization development and change manager) atau konsultan manajemen insani (people management consultant).

BIDANG KAJIAN

NO

KODE

NAMA MATAKULIAH

SKS

Organisasi dan Manajemen Insani 1 ESM.303 Manajemen Modal Insani 3
2 ESM.304 Manajemen Perubahan 3
3 ESM.317 Statistika Non Parametrik 2
4 ESM.401 Seminar Organisasi dan Manajemen Insani 3
5 ESM.406 Skripsi Organisasi dan Manajemen Insani 6

Manajemen Modal Insani
Matakuliah Manajemen Sumber Daya Manusia membahas Sumber Daya Manusia sebagai human “assets” yang memiliki “investment perspective”, Peran MSDM yang berorientasi stratejik yaitu selaras dengan strategi organisasi, HR strategy yang terdiri dari dua komponen yaitu HR planning dan design dan redesign HRM system, serta implementasi dari aktivitas MSDM yaitu staffing, training dan development, performance management, compensation, labor relations, strategic HRM.

 Manajemen Perubahan
Matakuliah ini membahas bagaimana membuat suatu perubahan terjadi, khususnya perubahan yang direncanakan (planned change). Konsep dan metoda-metoda yang diberikan mencakup pengelolaan perubahan pada tingkat individu, kelompok dan organisasi. Selain menitikberatkan pada konsep, fokus matakuliah ini adalah pada penerapan praktis sebagai bekal bagi mahasiswa menjadi seorang agen perubahan (change agent) yang efektif.

 Seminar Organisasi dan Manajemen Insani
Mata kuliah Seminar manajemen SDM, pada dasarnya merupakan suatu pendalaman terhadap suatu materi tertentu yang diminati mahasiswa dalam lingkung Manajemen Sumber Daya Manusia. Dengan demikian,sesungguhnya  mahasiswa dipersiapkan untuk membuat karya akhir, – skripsi ( khususnya dalam penyusunan kerangka teori ) yang memiliki kualitas lebih baik dan dapat dipertanggungjawabkan.

 Skripsi Organisasi dan Manajemen Insani
Skripsi Manajemen Sumber Daya Manusia membahas masalah Manajemen Organisasi dan Sumber Daya Manusia yang diminati mahasiswa. Evaluasi dilakukan melalui kualitas perencanaan dan pelaporan penelitian ilmiah yang dipertahankan dalam Sidang Sarjana.

X