Manajemen Keuangan

Bidang peminatan Manajemen Keuangan didisain untuk mempersiapkan peserta didik untuk berkarir di bidang manajemen keuangan dengan mengembangkan penguasaan pengetahuan manajemen keuangan terkini dan kemampuannya untuk mengaplikasikan kompetensi itu dalam praktek. Lulusan dengan bidang peminatan manajemen keuangan diharapkan dapat menjadi manajer keuangan (treasurer atau financialmanager), analisis keuangan (financialanalyst), atau perencana keuangan (financialplanner).

BIDANG KAJIAN

NO

KODE

NAMA MATAKULIAH

SKS

Manajemen Keuangan 1 ESM.309 Manajemen Investasi dan Portofolio 3
2 ESM.310 Manajemen Keuangan Internasional 3
3 ESM.404 Seminar Manajemen Keuangan 3
4 ESM.409 Skripsi Manajemen Keuangan 6

Manajemen Keuangan Internasional
Mata kuliah Manajemen Keuangan Internasional mempelajari beberapa aspek  pengelolaan keuangan yaitu: modal kerja, capital budgeting, biaya modal  dan struktur modal dalam perspektif perusahaan multinasional. Dan dipelajarinya konsep  neraca pembayaran,  mekanisme pasar uang,  peran hedging dikaitkan dengan kepentingan pengelolaan MNC tsb.

Manajemen Investasi dan Portofolio
Manajemen Investasi dan Portofolio merupakan konsep mengenai investasi dalam asset keuangan (financial assets investment) beserta risiko dan tingkat hasilnya (risk and return). Selain itu dibahas juga mengenai bagaimana mengelola beragam sekuritas atau surat berharga seperti saham, obligasi dan aset keuangan lainnya baik dalam bentuk sekuritas individu maupun portofolio dengan tujuan untuk mencapai target investasi yang menguntungkan bagi investor.

Seminar Manajemen Keuangan
Pada matakuliah ini mahasiswa dilatih untuk berani menyatakan pendapatnya baik secara lisan maupun secara tertulis tentang bidang manajemen keuangan. Di dalamnya mencakup kemampuan untuk membandingkan teori dan praktek guna memperkaya pemahaman manajemen keuangan dan diskusi perkembangan manajemen keuangan pada umumnya dan khususnya di Indonesia.

Skripsi Manajemen Keuangan
Skripsi Manajemen Keuangan membahas masalah Manajemen Keuangan yang diminati mahasiswa. Evaluasi dilakukan melalui kualitas perencanaan dan pelaporan penelitian ilmiah yang dipertahankan dalam Sidang Sarjana

X