Manajemen Operasi

Bidang peminatan Manajemen Operasi didisain untuk mempersiapkan peserta didik untuk berkarir di bidang manajemen operasi dengan mengembangkan penguasaan pengetahuan manajemen operasi terkini dan kemampuannya untuk mengaplikasikan kompetensi dalam praktek. Lulusan dengan bidang peminatan manajemen operasi diharapkan dapat menjadi manajer operasi (operation manager), manajer pembelian (purchasing manager), manajer penjaminan mutu (quality assurance manager), maupun manajer proyek (project manager).

BIDANG KAJIAN

NO

KODE

NAMA MATAKULIAH

SKS

Manajemen Operasi 1 ESM.305 Manajemen Kualitas 3
2 ESM.306 Manajemen Operasi Jasa 3
3 ESM.402 Seminar Manajemen Operasi 3
4 ESM.407 Skripsi Manajemen Operasi 6

Manajemen Kualitas
Suatu pengetahuan kepada mahasiswa tentang peran manajemen kualitas dalam meningkatkan daya saing suatu perusahaan, langkah-langkah pengendalian kualitas, alat-alat pengendalian kualitas, pengendalian kualitas secara statistik, biaya-biaya kualitas, serta manajemen kualitas secara total.

 Manajemen Operasi Jasa
Matakuliah ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman mengenai jasa, strategi jasa sehubungan dengan keputusan manajemen operasi, serta alat-alat yang dapat dipakai untuk pengambilan keputusan. Dengan mempelajari matakuliah ini diharapkan mahasiswa dapat memahami tentang manajemen operasi berkaitan dengan bidang jasa dan dapat menerapkannya.

 Seminar Manajemen Operasi
Seminar ini membahas topik-topik yang ada dalam bidang manajemen operasi melalui pembuatan makalah, presentasi dan diskusi dalam kelompok kecil. Tujuan seminar ini yaitu agar mahasiswa mampu berpikir secara kritis dan mampu mengemukakan pendapat serta pandangannya.

Skripsi Manajemen Operasi
Skripsi Manajemen Operasi membahas masalah Manajemen Operasi yang diminati mahasiswa. Evaluasi dilakukan melalui kualitas perencanaan dan pelaporan penelitian ilmiah yang dipertahankan dalam Sidang Sarjana[/tab]

X