Manajemen UNPAR Rampungkan Proses Reakreditasi

Program Studi Sarjana Manajemen UNPAR akhirnya bisa sedikit bernafas lega setelah menyelesaikan proses visitasi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Program studi (prodi) yang diketuai oleh Triyana Iskandarsyah, Dra., M.Si., ini telah merampungkan prosedur reakreditasi pada Jumat (20/7) lalu.

Visitasi atau yang juga biasa disebut dengan asesmen lapangan dimulai sekitar pukul 09.00 WIB. Kegiatan ini dilaksanakan di Lantai 8 Gedung 9 Fakultas Ekonomi. Prof. Dr. Hatane Semuel, MS. dan Dr. Indi Djastuti, Dra., MS. adalah dua asesor dari BAN-PT yang bertugas dalam visitasi kali ini. Rektor UNPAR Mangadar Situmorang, Ph.D., sempat menyambut dua asesor tersebut dan memberikan sambutan dalam pembukaan visitasi. Rektor didampingi jajaran wakil rektor, serta Kepala Biro/Lembaga/Unit.

Dekan Fakultas Ekonomi Prof. Dr. Hamfri Djajadikerta beserta Wakil Dekan I, II, dan III, Ketua Prodi Manajemen, Sekretaris Prodi dan beberapa dosen Manajemen, juga sejumlah staf Tata Usaha FE ikut serta dalam proses visitasi. Setelah pembukaan selesai dijalankan, asesmen lapangan dibagi ke dua ruangan yang memisahkan asesmen tingkat fakultas dan asesmen tingkat program studi. Dr. Indi Djastuti, Dra., MS. adalah yang bertugas di tingkat fakultas, sementara Prof. Dr. Hatane Semuel, MS. melakukan asesmen ke Prodi Manajemen.

Selesai dengan pemeriksaan butir-butir Borang Akreditasi di fakultas dan prodi, asesmen lapangan kemudian dilanjutkan dengan wawacara mahasiswa, dosen, dan alumni Prodi Manajemen, serta pengguna lulusan dari prodi tersebut. Seluruh proses visitasi akhirnya dinyatakan selesai sekitar pukul 18.20 WIB. Setelah penutupan dari Prof. Dr. Hamfri Djajadikerta dan dua asesor, visitasi diakhiri dengan foto bersama.

Program Studi Sarjana Manajemen adalah prodi terakhir di Fakultas Ekonomi yang menjalani reakreditasi dalam periode ini. Sebelumnya, Prodi Ekonomi Pembangunan dan Prodi Akuntansi sudah lebih dulu melaksanakan reakreditasi pada minggu pertama dan minggu kedua bulan Juli 2018. Hasil yang maksimal tentu menjadi harapan dari Prodi Manajemen. Akreditasi dengan Peringkat A adalah asa yang terus dijaga.