Matakuliah Pilihan

Statistika Non Parametrik

Matakuliah ini membahas mengenai berbagai macam metoda uji dan tes hipotesis, baik untuk satu sampel maupun untuk “K” sampel, dimana sampelnya bisa yang berhubungan maupun yang independen. Tujuan kuliah ini adalah supayan mahasiswa dapat menentukan, memilih dengan tepat alat uji mana yang harus digunakan untuk penelitian yang menggunakan variabel dengan skala nominal atau ordinal dengan bantuan program komputer.

Manajemen Hubungan Industrial

Matakuliah ini mengkaji tentang hubungan kerja yang terjadi antara pekerja dan pengusaha, serta masalah-masalah yang muncul dalam rangka persiapan hubungan kerja, dalam masa hubungan kerja dan masa setelah hubungan kerja berakhir. Dalam matakuliah ini dijabarkan juga tentang perlindungan hukum bagi para pekerja. Selain itu juga peserta diberikan pelatihan untuk menjadi terampil dalam menyelesaikan masalah-masalah yang muncul dalam hubungan kerja dengan menggunakan hukum positif.

 Perencanaan dan Pengadaan Tenaga Kerja

Matakuliah ini mencakup perencanaan tenaga kerja, proses rektrutmen dan seleksi, serta penempatannya. Melalui matakuliah ini mahasiswa mempelajari bagaimana langkah-langkah perencanaan tenaga kerja, memilih sumber-sumber pelamar, menggunakan beberapa metode seleksi, serta mengevaluasi keberhasilan proses rekrutmen/seleksi.

 Pelatihan dan Pengembangan

Dalam matakuliah ini dibahas kegiatan-kegiatan Departemen SDM yang bertanggung jawab untuk menentukan isi dan metode pentransferan pengalaman, pengembangan, dan pelatihan. Hal ini dilakukan untuk mencapai kesuksesan organisasi dan mempertahankan karyawan yang memiliki kemampuan, keahlian yang akan menguntungkan buat perusahaan.

 Manajemen Kinerja dan Imbalan

Matakuliah ini memberikan pemahaman kepada mahasiswa tentang pelaksanaan manajemen kinerja di perusahaan berdasarkan tujuan perusahaan dan pemberian penghargaan sesuai dengan kinerja yang dikontribusikan secara tepat dan baik

Manajemen Proyek

Matakuliah ini membahas mengenai pengaplikasian pengetahuan, keahlian, alat-alat bantu dan teknik-teknik yang dibutuhkan dalam sebuah proyek, menjelaskan bagaimana merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi sebuah proyek dan mempelajari keunggulan dan kelemahan pendekatan manajemen berdasarkan proyek.

Penjadwalan Operasi

Matakuliah ini memberikan pemahaman mengenai konsep dan praktek pengaturan dan penentuan waktu dalam sistem operasi,urutan operasi untuk suatu pekerjaan dan strategi penjadwalan.

 Pemasaran Jasa

Memberikan pemahaman konseptual dan keterampilan strategis untuk mengelola jasa (Produk tidak berwujud) dan pelayanan. serta penerapan bauran pemasaran jasa secara optimal untuk merancang,menerapkan strategi operasi pada pemasaran Jasa.

Tujuan matakuliah ini supaya mahasiswa memahami konsep-konsep dasar pemasaran jasa, memahami kasus-kasus yang terjadi pada praktek pemasaran jasa dan memahami penerapan strategi pemasaran jasa, pengelolaan kualitas pelayanan dan strategi operasi pemasaran jasa.

 Manajemen Relasi Pelanggan

Memberikan pemahaman tentang MRP yang melingkupi semua aspek yang berhubungan dengan pelanggan dan calon pelanggan termasuk front liners,sales force, technical support dan field service.Mahasiswa juga di berikan keterampilan mengelola sistem informasi berbasis pelanggan yang terintegrasi untuk digunakan dalam perancangan, penjadwalan dan pengendalian aktivitas-aktivitas penjualan di perusahaan.

 Pemasaran Global

Globalisasi merupakan suatu fenomena yang dihadapi oleh para pebisnis saat ini. Dengan konsep “borderless world”, kita memiliki pasar yang tidak terbatas, melintasi batas negara dan budaya. Persaingan bisnis menjadi sangatlah dinamis dengan dipengaruhi lingkungan global yang terdiri dari lingkungan ekonomi dunia, lingkungan sosial budaya, dan lingkungan politik, regulasi, dan regional. Pemasar haruslah mampu mendesain program pemasaran efektif yang mengakomodasi kebutuhan dan kengingan konsumen global. “Think globally, Act locally” adalah strategi pemasaran global yang diterjemahkan lebih lanjut kedalam taktik-taktik pemasaran.

Pemasaran Digital

Matakuliah ini memberikan pemahaman secara komprehensif mengenai konsep dan praktek suatu pemasaran menggunakan saluran distribusi digital.Tujuan dari matakuliah ini agar mahasiswa memahami bagaimana penggunaan media digital dapat menjangkau konsumen secara tepat dan bagimana sebuah perusahaan memanfaatkan media digital untuk mendukung pelayanan perusahaan untuk konsumen.

 Pasar Modal Indonesia

Matakuliah ini memberikan pemahaman konsep dasar  pasar modal dan prospek karir di pasar modal. Materi pengetahuan yang disampaikan adalah  situasi  Pasar Modal Indonesia , meliputi: peraturan-peraturan pemeritah di bursa, mekanisme perdagangan di BEI,  instrumen saham, obligasi , reksadana, dan opsi, serta mempelajari alat analisis fundamental dan teknikal. Untuk membuat mata kuliah ini semakin menarik , juga disampaikan pembahasan sebuah kasus proses  go-public-emisi  sebuah perusahaan di BEI.

 Penganggaran

Dua fungsi utama manajer adalah perencanaan dan pengendalian aktivitas untuk meningkatkan kinerja perusahaan, karena itu dalam mata kuliah ini dipelajari pendekatan sistematis dan formal mengenai tahap-tahap penting yang perlu dilakukan agar manajer dapat menjalankan fungsi perencanaan dan pengendalian.

 Manajemen Merek

Matakuliah ini membahas bagaimana strategi-strategi merek yang menguntungkan dapat dikembangkan. Pada dasarnya membahas bagaimana membangun brand equity, bagaiaman mengukur brand equity, bagaimana mengkapitalisasi brand equity untuk mengembangkan bisnis. Matakuliah ini bertujuan memberikan pemahaman mengenai isu-isu penting dalam perencanaan dan evaluasi strategi merek; konsep dan teknik yang tepat untuk meningkatkan profitabilitas jangka panjang dari strategi merek.

 Manajemen Rantai Pasokan

Matakuliah ini memberikan pengetahuan yang seimbang mengenai pendekatan-pendekatan di dalam Manajemen Rantai Pasokan (Supply Chain Management). Materi perkuliahan meliputi aspek-aspek strategis manajemen rantai pasokan, pembelian, operasi dan fungsi-fungsi distribusi.

 Tata Kelola Perusahaan (Corporate Governance)

Mata kuliah ini memberikan pemahaman tentang prinsip-prinsip umum tata kelola perusahaan dan bagaimana prinsip-prinsip tersebut diterapkan dalam praktik, mulai dari struktur organ-organ perusahaan, dinamika proses antara organ-organ tersebut, sampai pada tantangan budaya yang harus dihadapi. Empat prinsip umum tata kelola: transparansi, akuntabilitas, tanggung-jawab, dan kewajaran akan didiskusikan secara ekstensif, sementara satu prinsip tambahan khas Indonesia yaitu independensi akan masuk dalam pembahasan pada saat diskusi merujuk pada isu dan tatangan penerapan tata kelola perusahaan di Indonesia. Mata kuliah ini juga mendiskusikan dan mengkaji etika bisnis sebagai unsur terpenting yang mendasari praktik-praktik tata kelola perusahaan yang baik.

 Sistem Pengendalian dalam Organisasi

Matakuliah ini membahas bagaimana penentuan perencanaan strategis untuk pencapaian tujuan yang telah ditetapkan, proses pelaksanaan dari strategi tersebut serta berbagai cara untuk mengendalikan agar sumber daya yang ada dalam perusahaan diarahkan sesuai dengan strategi untuk pencapaian tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya dapat terlaksana (dalam keadaan tertentu strategi atau rencana tersebut dapat juga disesuaikan atau diubah sesuai dengan perubahan kondisi yang ada agar tujuan dapat tercapai). Semua ini termasuk menyelaraskan dan menyatukan tujuan maupun usaha serta sumber daya dari setiap organisasi ke arah pencapaian kinerja dari sistem penghargaan yang diberikan

 Manajemen Usaha Kecil

Matakuliah ini membahas bagaimana mengelola usaha kecil bagi dari fungsi mnajemen insani, manajemen operasi, manajemen pemasaran, manajemen keuangan, maupun perumusan strategu utuk usaha kecil.

Manajemen Bisnis Keluarga

Matakuliah ini mengeksplorasi dan menganalisis masalah kelangsungan bisnis keluarga dari berbagai sudut-aspek-tantangannya.  Karena berfokus pada pendekatan pragmatis, action-oriented, manajemen, dan keterampilan kepemimpinan keluarga/bisnis maka mata kuliah ini diajarkan melalui kehidupan dan kasus-kasus tertulis, diskusi dan proyek pengalaman dengan bisnis keluarga.

 Manajemen Bank

Manajemen Bank mempelajari peran bank sebagai lembaga intermediari. Kemudian mempelajari dasar-dasar pengelolaan aktiva, hutang dan modal bank untuk meningkatkan perannya sebagai intermediasi , juga mempelajari konsep mengelola berbagai macam risiko dan  aspek likuiditas bank .

Manajemen Ritel

Mata kuliah ini dirancang bagi mahasiswa agar dapat memiliki pemahaman yang komprehensif mengenai konsep dan praktek suatu manajemen ritel, khususnya di Indonesia. Pendekatan strategis yang digunakan dalam mata kuliah ini adalah berfokus pada dimensi-dimensi yang mempengaruhi retailer dalam pengambilan keputusan. Selain memperkenalkan mahasiswa pada bidang manajemen ritel, mata kuliah ini juga menyiapkan mahasiswa untuk berkarir di bidang ritel. Beberapa metologi pembelajaran dalam mata kuliah  dalam mata kuliah ini adalah pengalaman nyata dengan melakukan beberapa proyek, diskusi dengan praktisi ritel dan keterlibatan dalam program magang.

Manajemen Lintas Budaya

Matakuliah ini dimaksudkan untuk mengembangkan cara berfikir mahasiswa sehingga mampu berfikir dalam perbedaan budaya, mampu berfikir global namun bertindak lokal. Melalui matakuliah ini mahasiswa memperoleh berbagai teori, pengetahuan, dan berbagai perangkat untuk dapat berhasil dalam lingkungan global maupun lokal. Matakuliah ini membahas perbedaan budaya, tantangan-tantangan dalam komunikasi lintas budaya, manajemen perubahan, isu etika, dsb. Matakuliah ini dilengkapi dengan kegiatan praktek untuk memahami perbedaan budaya melalui gladi kebudyaan yang dikembangkan secara khusus.

Manajemen Keuangan Mikro

Manajemen Keuangan Mikro memberikan pemahaman tentang pengenalan lingkungan usaha mikro,perencanaan dan pengorganisasian serta aspek-aspek penting yang harus diperhatikan dalam pengelolaan keuangan mikro.

Praktik Manajemen Insani

Matakuliah ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan praktis dalam bidang manajemen insani melalui kegiatan praktek mengerjakan proyek yang riil untuk suatu perusahaan. Melalui matakuliah ini mahasiswa diperkenalkan dengan kegiatan konsultasi bidang manajemen insani dan membahas konsep-konsep kontemporer dalam bidang manajemen insani.

 Magang Manajemen

Matakuliah ini memberi kesempatan pada mahasiswa mengalami tugas seorang manajer tingkat bawah (supervisor). Cakupan bidang pekerjaan dapat meliputi pemasaran, operasional, keuangan, organisasi dan sumber daya manusia. Ketentuan pelaksanaan akan diatur tersendiri.

Pelayanan Kepada Masyarakat

Matakuliah ini memberi kesempatan pada mahasiswa untuk memahami permasalahan dalam masyarakat dan terlibat langsung dalam penyelesaian permasalahn tersebut. Pengaturan aktivitas pelayanan kepada masyarakat akan diatur tersendiri.

X