Memahami Statistika untuk Penelitian

“Pertanyaan saya, kalau hasilnya seperti ini valid tidak?” Kalimat tanya tersebut berulang kali terlontar dari Ivan Prasetya, SE., MSM., M.Eng. Dosen Program Studi Sarjana Manajemen UNPAR ini mencoba memancing diskusi dengan anak didiknya. Jawaban dari mahasiswa sering kali beragam. Ada yang menjawab valid, ada yang menjawab tidak valid. Diskusi pun mengalir berkat pertanyaan pancingan itu.

Diskusi serius tersebut terjadi dalam Pelatihan Dasar Statistika untuk Penelitian. Bertempat di Ruang 9805 Fakultas Ekonomi UNPAR, Ivan Prasetya memberikan pelatihan kepada 25 mahasiswa yang sedang dalam masa pengerjaan skripsi. Pelatihan ini dilaksanakan pada Jumat (24/11) lalu, pukul 09.00 – 16.00 WIB.

Dengan materi utama “Pengenalan Dasar Statistik: Descriptive & Inferential Statistics”, para mahasiswa Prodi Sarjana Manajemen ini dilatih untuk akrab dan paham dengan statistik dan bagaimana menggunakannya. Hal tersebut terutama bagi mereka yang sedang mengerjakan skripsi dan melakukan penelitian. Prodi Sarjana Manajemen menganggap Pelatihan Dasar Statistika untuk Penelitian penting dan perlu diikuti oleh para mahasiswa.

“Mengapa penting? Karena kalau di Manajemen setahu saya itu tidak diajarkan secara detail. Dan ketika mahasiswa melakukan penelitian, mereka butuh ilmu statistika yang detail. Step by step-nya harus jelas. Sebenarnya di mata kuliah ada, cuma itu teorinya saja bukan aplikatif,” jelas Ivan tentang alasan pentingnya pelatihan ini. Di dalamnya mahasiswa juga akan diajarkan secara teknis bagaimana menggunakan SPSS (Statistical Package for the Social Sciences), sebuah aplikasi yang berguna untuk analisis statistik.

Menjelang pukul 16.00 WIB pelatihan ini disudahi. Para mahasiswa yang telah mengikuti pelatihan tersebut diharapkan tidak bingung lagi dengan statistik. Ilmu yang telah didapatkan diharapkan menjadi modal yang baik untuk melakukan penelitian dengan benar dan menghasilkan skripsi yang bermutu bagus.