Menefesto 2018: Ajang Unjuk Gigi Mahasiswa Manajemen UNPAR

Untuk kesepuluh kalinya Program Studi Sarjana Manajemen UNPAR kembali menyelenggarakan Menefesto. Tahun ini, Menefesto 2018 digelar di Bandung Electronic Center Mall pada 17 – 18 November. Dengan mengangkat tema “Vintage Retro and Pop Culture Festival”, Menefesto 2018 menjadi ajang berproses dan belajar secara nyata bagi mahasiswa Prodi Manajemen yang sedang mengambil mata kuliah Praktik Manajemen dan Kewirausahaan.

Dua acara utama dalam Menefesto 2018 masih sama seperti tahun-tahun sebelumnya, yaitu Gelar Kreativitas dan Gelar Bisnis. Gelar Kreativitas diisi dengan pertunjukkan kabaret, sementara dalam Gelar Bisnis mahasiswa membuat pameran bisnis start-up dan menjual produk di dalamnya. Tahun ini terdapat 25 kelompok mahasiswa yang ikut ambil bagian dalam Gelar Bisnis. Produk-produk yang dipamerkan dan dijual terbagi dalam dua kelompok besar yaitu food & baverages dan fashion.

Selain dua acara utama tersebut, Menefesto 2018 juga diramaikan dengan serangkaian acara yang sukses menarik banyak penonton selama dua hari penyelenggaraannya. Hari pertama diisi dengan pertunjukan band dan modern dance, fashion show, serta talk show bisnis yang menghadirkan pemilik Radja Cendol, Sushi Tei, dan Sumo Squid, serta penampilan bintang tamu Rasukma.

Sementara di hari kedua, Menefesto 2018 dimeriahkan oleh Komunitas Kamera Analog, pertunjukan musik, kabaret, dan ditutup oleh bintang tamu grup musik Juicy Luicy. Sesuai dengan tema yang diangkat, suasana vintage dan retro begitu kentara dalam penyelenggaraan Menefesto tahun ini. Dekorasi panggung ditata sedemikian rupa untuk mengajak penonton merasakan suasana “jadul”. Panitia penyelenggara juga menyediakan properti ala vintage yang dapat digunakan oleh pengunjung yang ingin berfoto.

Dekan Fakultas Ekonomi UNPAR, Prof. Dr. Hamfri Djajadikerta mengapresiasi terselenggaranya Menefesto 2018. Ia menganggap acara ini punya dampak positif karena mahasiswa bisa mengintegrasikan teori yang didapat di kelas, lalu mengaplikasikan secara langsung di lapangan. Menefesto dianggap sebagai wadah mengasah kreativitas serta kerja sama mahasiswa. Prof. Dr. Hamfri Djajadikerta pun berharap agar Menefesto berkembang menjadi event yang lebih besar dan tidak menutup kemungkinan untuk mengundang berbagai macam bisnis dari eksternal yang lebih besar dan melibatkan lebih banyak orang.

Sumber foto: Instagram Menefesto