Menetrooper 2019

Menetrooper 2019 ini dilaksanakan pada hari Jumat, 23 Maret 2019 – Sabtu, 24 Maret 2019 di Rahong Pangalengan, Situ Cileunca, Pangalengan, Bandung. Peserta yang mengikuti Menetrooper 2019 ini terdiri dari beberapa angkatan yaitu, 2015, 2016, 2017, dan 2018. Acara tersebut dimulai dengan berkumpulnya para peserta di UNPAR, peserta menaiki bis yang telah disediakan, hingga peserta sampai pada tempat di mana acara berlangsung. Dalam perjalanan menuju Situ Cileunca, terdapat masalah yang menyebabkan rundown yang sudah di tetapkan menjadi berubah, sebab bis yang ditumpangi para peserta mengalami kendala berupa adanya kesalahpahaman antara pihak pengelola dan panitia. Hal tersebut pada akhirnya dapat diatasi oleh pihak panitia dengan cara, para peserta dipindahkan ke 2 mobil pick up untuk melanjutkan setengah perjalanan lagi untuk bisa sampai di tempat tujuan. Setelah semua peserta dan panitia sampai di tempat, peserta langsung dialihkan ke tenda untuk menaruh barang-barang yang mereka bawa.

Terdapatnya kendala bis yang ada, maka seluruh kegiatan setelah kedatangan peserta berubah. Kedatangan peserta dan panitia yang seharusnya jam 12.55, menjadi 15.05. Hal tersebut mengakibatkan amazing race yang sudah dirancangan oleh divisi acara harus terpotong. Terpotongnya amazing race ini dimanfaatkan oleh divisi acara dan panitia lainnya untuk memberikan waktu kepada para peserta beristirahat, sedangkan para panitia berusaha membangun tenda dan menyalakan api unggun yang dimulai dari jam 19.10. Setelah api unggun berhasil dibuat, para peserta dan panitia berkumpul di sekitaran api unggun untuk menunggu pembagian kelompok untuk Drama games dengan melakukan sharing. Sebagai Master of Ceremonies (Mpi Kirana dan Muhammad Alyubi) mereka memberikan script dan waktu yang akan digunakan para peserta untuk berlatih. Waktu yang diberikan adalah sebanyak 30 menit yang berlaku bagi semua kelompok (3 kelompok). Akhirnya setiap kelompok pun tampil dengan beragam kreasinya, sehingga tak terasa sudah memakan durasi kurang lebih 1,5 jam. Setelah pertujukkan selesai, para peserta dipersilahkan untuk berisitirahat.

Pada hari ke-2 Menetrooper 2019 yang diawali dengan bangunnya panitia pukul 05.30 serta persiapan berupa barang yang akan digunakan untuk rafting memakan waktu selama 1 jam, yaitu 06.30. Setelah persiapan, panitia langsung membangunkan para peserta pukul 06.30 dan menghimbau para peserta untuk mempersiapkan barang-barang yang akan dibawa ke tempat rafting pada jam 07.00. Setelahnya, langsung dilanjut dengan dilakukannya senam pagi yang dipandu oleh Devina Kristi dan persiapan menuju rafting yang dibagi menjadi 2 kloter yang diarahkan oleh Diky Kurniawan. Kloter 1 dimulai dari jam 09.00 – 12.30 dan kloter 2 dimulai dari jam 12.30 – 15.00. Waktu yang tertera, sudah termasuk durasi pulang dan pergi dari camp area menuju rafting area begitu pun sebaliknya. Pada jam 15.30 panitia dan peserta dihimbau untuk membereskan barang-barang bawaanya untuk persiapan pulang menuju UNPAR menggunakan bis dan sebagian mobil pribadi.