Mengenal Program Anti Pencucian Uang dan Pencegahan Pendanaan Terorisme

Bekerja sama dengan Bank Nusantara Parahyangan (BNP), Program Studi Sarjana Manajemen UNPAR menggelar kuliah umum bertajuk “Pengenalan Program Anti Pencucian Uang dan Pencegahan Pendanaan Terorisme di Kalangan Generasi Muda”. Kuliah umum ini digelar di Aula Lantai 8 Gedung 9 Fakultas Ekonomi UNPAR pada Rabu (24/10) lalu.

Acara ini termasuk dalam Program Kegiatan Edukasi Perbankan dari BNP untuk mahasiswa. Karena kepedulian BNP akan dunia pendidikan, kuliah umum digelar sebagai salah satu bentuk corporate social responsibility dari bank yang berdiri sejak tahun 1972 tersebut. Paulina Rita Flora, SE., MH., CPM., sebagai AML & CFT Department – Compliance Divison dari BNP hadir sebagai pembicara utama.

Selama kurang lebih satu setengah jam lamanya, Paulina menjelaskan seluk beluk apa itu pencucian uang. Penjelasan yang disampaikan mulai dari definisi pencucian uang, modus, sanksi & denda, keterkaitan dengan pendanaan terorisme, hingga bagaimana kita sebagai warga negara Indonesia bisa turut berperan dalam memerangi kejahatan ini. Tema tersebut dianggap penting agar setiap warga negara memahami dan berperan aktif dalam pencegahan tindak pidana pencucian uang dan pendanaan terorisme. Sementara itu secara khusus kuliah umum ini juga bertujuan agar generasi muda mengetahui dan memahami tipologi, metode/modus, dan dampak tindak pidana pencucian uang serta pendanaan terorisme.

Sekitar seratus mahasiswa hadir dalam kuliah umum siang itu. Dalam sesi terakhir kuliah umum, diadakan tanya jawab. Selain mahasiswa yang bertanya ke narasumber, pihak BNP juga memberikan pertanyaan balik ke peserta kuliah umum. Beberapa mahasiswa yang berhasil menjawab pertanyaan dari BNP kemudian diberi bingkisan menarik.