Management Social Responsibility 2021

Program Kerja Management Social Responsibility 2021 berlangsung pada tanggal 4 Desember 2021. Kegiatan utama yang kami selenggarakan adalah membuka donasi dari mahasiswa manajemen dan juga khalayak umum, lalu hasil dari donasi tersebut disalurkan kepada Panti Asuhan Al-Fitra. Periode pembukaan donasi untuk disumbangkan yaitu dari tanggal 30 Oktober – 4 Desember 2021. Hasil donasi yang disalurkan tersebut kami belanjakan berupa sembako, bingkisan, dan alat-alat melukis di atas kanvas. Hingga acara dapat terlaksana pada tanggal 4 Desember 2021, di Panti Asuhan Al-Fitra dengan rincian kegiatan adalah penyerahan sembako, bermain, dan melukis di atas kanvas.

            Kegiatan MSR diawali dengan pembukaan donasi yang dibuka untuk mahasiswa Manajemen dan masyarakat umum dari tanggal 30 Oktober – 4 Desember 2021. Dilanjutkan dengan pembelian alat-alat melukis melalui platform online pada tanggal 28 November 2021. Lalu, kami melakukan pemesanan bingkisan makanan ringan pada tanggal 30 November yang diambil pada tanggal 2 Desember yang sekaligus membeli barang-barang sembako yang akan diberikan. Semua barang keperluan kegiatan disimpan terlebih dahulu di rumah salah satu panitia MSR yang dekat dengan panti asuhan. Sebelum hari H kegiatan, semua barang di cek kembali untuk memastikan semua barang siap untuk dibawa ke panti asuhan.

            Pada hari Sabtu, 4 Desember 2021, panitia berkumpul terlebih dahulu pada pukul 8 pagi di rumah salah satu panitia MSR untuk melakukan briefing selagi menunggu semua panitia hadir. Setelah melakukan briefing, panitia segera melakukan perjalanan ke panti asuhan Al-Fitra. Sesampainya di panti asuhan sekitar pukul 8.30, panitia langsung memulai rangkaian kegiatan dengan mendengar pembukaan dari pihak panti dan juga ketua pelaksana MSR. Setelah pembukaan, kegiatan diambil alih oleh panitia untuk memulai ice breaking games dengan anak-anak panti. Pada ice breaking games panitia dan anak-anak bermain tiga permainan, yaitu ada permainan berhitung, patung-patungan, dan juga pesan berantai. Kegiatan permainan berlangsung hingga pukul 10, yang akan dilanjutkan dengan kegiatan melukis di atas kanvas.

            Anak-anak diberikan peralatan untuk melukis di atas kanvas, seperti kanvas, kuas, cat, dan juga palet. Anak-anak diberikan waktu sekitar satu jam untuk melukis dengan tema cita-cita atau sesuatu yang mereka suka. Setelah waktu untuk melukis selesai, anak-anak dipersilakan untuk mencuci tangannya dan langsung menuju ke tempat penutupan. Sebelum penutupan, tiga anak menceritakan tentang hasil lukisan mereka kepada teman-temannya. Hasil dari lukisan mereka pun bisa dibawa oleh mereka masing-masing. 

            Tiba di akhir rangkaian kegiatan, pihak panti, ketua pelaksana MSR, dan perwakilan dari Teman Kita Charity (komunitas kolaborasi) memberikan kata penutupan untuk mengakhiri kegiatan pada hari tersebut. Pada penutupan tersebut, panitia MSR memberikan simbolis pemberian plakat dan juga sembako yang telah dikumpulkan dari para donatur. Sebelum panitia meninggalkan panti asuhan, panitia memberikan bingkisan kepada semua anak-anak di panti asuhan Al-Fitra sebagai bentuk apresiasi kepada anak-anak yang telah semangat dan antusias dalam mengikuti rangkaian kegiatan MSR 2021 ini.